AutoMobil77.BlogSpot.Com. i-VTEC(inteligent Variable Valve Timing and Lift
Electronic Control) dan VVT-i (Variable Valve Timing inteligent)
i-VTEC adalah teknologi pabrikan Honda, sedangkan VVT-i
teknologi Toyota dan Suzuki. V-tec bekerja berdasarkan putaran mesin. saat putaran
mesin sedang dalam putaran rendah, maka katup yang digunakan juga katup yang
memiliki cam lobe (besar tonjolan, untuk membuka katup) yang kecil. Hingga saat
putaran mesin menjadi tinggi, maka secara hidrolis katup yang memiliki cam lobe
kecil akan di geser dan digantikan dengan katup yang memiliki Cam Lobe yang
lebih besar. Sehingga Waktu untuk katup membuka lebih lama, alhasil udara dan
BBM yang masuk ke dalam mesin juga menjadi lebih banyak. Sehingga tenaga yang
dibutuhkan dapat terakomodir.
Sedangkan Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing withintelligence) adalah mesin berteknologi Variable Valve Timing yang dikembangkan oleh Toyota. VVT-i
menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di
mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. Mesin yang sudah dipakai
di sebagian besar mobil Toyota ini diklaim membuat mesin semakin efisien dan
bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.
VVT-i
(sering disalahartikan dengan injeksi) bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan
pintar waktu buka tutup valve yang variatif. VVT-i diperkenalkan pada tahun
1996.
Teknologi mesin VVT-i memanfaatkan
overlap dalam pembukaan katup masuk. Pada saat putaran mesin masih rendah atau konstan
maka overlap yang terjadi dalam katup masuk tidak begitu besar. Tetapi saat
mesin sedang membutuhkan tenaga besar maka overlap bukaan katup akan lebih
besar. Tujuan terjadinya overlap dalam katup masuk adalah bertujuan untuk
mempercepat masuknya campuran BBM dan udara saat mesin sedang membutuhkan
tenaga dan agar dapat terjadinya EGR (Exhaust Gas Recirculation) yang mana
walaupun campuran BBM sudah tetapi ada saat dimana gas hasil pembakaran masih
memiliki kadar HC (molekul Hidrokarbon). Gas hasil pembakaran yang masih memiliki
HC yang tinggi, masih dapat dibakar lagi agar nantinya gas yang keluar dari knalpot
dapat lebih ramah lingkungan.
Sedikit pengetahuan ini semoga dapat bermanfaat dan
tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan berkendara anda. Selamat
berkendara. Baca: Teknologi Mesin Turbo Mobil Honda